Mengenal Mujiono, Kepala Kantor Pos Cilacap
Menjalankan tugas sebagai Kepala Kantor Pos Cilacap membuat Mujiono selalu mensyukuri apapun nikmat yang dijalankan. Seberat apapun pekerjaan, kalau dijalankan dengan tulus dan ikhlas akan membuahkan hasil yang maksimal. Begitulah satu kalimat yang menjadi pegangan dalam bekerja saat ditemui Radarmas beberapa waktu lalu.
REZA ABINERI, Cilacap
Mujiono yang sangat suka bersilaturahmi dengan orang yang baru dikenalnya ini mengungkapkan Kantor Pos merupakan perusahaan penyedia jasa. Karena itu, pelayanan pun menjadi hal utama. Sama halnya ketika menjamurnya bisnis online. Dia pun ikut-ikutan kena dampak untuk terus dan bisa meningkatkan pelayanan.
Caranya, adalah dengan mamastikan bahwa paket telah sampai di konsumen.
“Kami sangat memperhatikan sampainya sebuah paket kepada konsumen. Ini karena jasa pos merupakan bagian dari amal yang bernilai amanah,” sebut dia.
Diakuinya, fenomena maraknya bisnis online membuat Kantor Pos semakin eksis. Apalagi, bisnis jenis ini bisa melakukan transaksi dimanapun lokasinya meski tak memiliki alamat riil di kehidupan nyata. Bisnis yang hanya beralamatkan pada situs atau web ini juga terus menjamur.
Dampaknya, geliat pengiriman meningkat. Termasuk di Kantor Pos Cilacap yang ikut ketiban untung dari bisnis online. Jasa pengiriman pun akhirnya kembali dipercayakan ke Kantor pos. Tercatat, jasa pengiriman akibat bisnis online bisa meningkat hampir 30 persen.
Dia menambahkan, petugas pos selalu mengantarkan setiap paket ke sejumlah konsumen dengan penuh dedikasi. Pengalaman untuk mengantarkan paket sendiri pernah dilakoni Mujiono saat berada di divisi distribusi.
“Jadi sangat memahami pentingnya komitmen kepada para pelanggan mengirimkan barang dengan tepat waktu,” ujarnya.
Pria yang sebelumnya bekerja di berbagai tempat seperti Boyolali, Salatiga, bahkan Sulawesi ini sangat menjaga iklim kerja yang ada dikantornya. Sedangkan, tampilan depan kantor diyakini menjadi wajah dan reputasi bagi perusahaan, karena apabila menampilkan rapih dan bersih tentunya akan membuat para konsumen menjadi nyaman dan akan selalu kembali. “wajah lain dari segi pegawai adalah costumer servis yang ditekankan untuk selalu memberikan pelayanan ekstra,” katanya.
Dia bertutur, dahulu sempat banyak orang berpikir kiprah Pos akan berakhir. Namun, saat ini, ternyata malah sebaliknya. Sekarang banyak sekali yang memakai jasa Pos karena terintegrasi dengan pelayanan kebutuhan masyarakat.
Di bagian lain, kata dia, jasa pengiriman surat menyurat baik wesel ataupun biasa, Perusahaan Pos memiliki keunggulan pendeteksian perjalanan dari surat tersebut. Bahkan, untuk saat ini, dirinya sangat terbantu dengan tren kemajuan teknologi daklam proses pendistribusian barang.
“Oleh karena itu saya sering tekankan kepada rekan kerja untuk selalu menambah wawasan dalam hal teknologi apa yang terbaru,”terangnya.
Di tengah kesibukannya yang padat, Mujiono juga masih menyempatkan bersepeda mengelilingi kota Cilacap. Dirinya juga menyempatkan untuk bermain badminton.
“Karena saya memegang teguh dimana setiap tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, sehingga sebisa mungkin saya terapkan,”jelasnya.
Bapak tiga anak ini juga selalu melihat hikmah dibalik sebuah cobaan yang ada. Ketika musibah bencana gempa di Yogyakarta, dia pun mengalaminya. Dia optimis, dengan bekerja dengan ikhlas dan senang hati, perusahaan pos akan akan berkembang lebih jauh lagi.(*/ttg)
Facebook
Twitter
Instagram
Google+
YouTube
LinkedIn