CILACAP – Memasuki era endemi persaingan Usaha Kecil Menengah (UKM) kian kompetitif, pegiat usaha berlomba menghadirkan inovasi terbaru, sejalan dengan digitalisasi.
Berbagai upaya dilakukan di berbagai lini media sosial untuk menjadi yang terdepan, tak terkecuali para UKM yang memberikan kontribusi paling signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional.
Tahun ini, JNE kembali menghadirkan JNE Ngajak Online 2022 – Goll..Aborasi Bisnis Online, perhelatan virtual yang mengumpulkan UKM lokal di 59 kota di Indonesia.
Diawali di Kota Cilacap, JNE berupaya mampu meningkatkan daya saing serta mengembangkan kapasitas UKM khususnya di Cilacap baik dalam skala nasional maupun global.
Marsudi selaku Head Regional Jateng-DIY membuka gelaran ini dengan menyatakan “Melalui acara ini semoga laju pertumbuhan UKM bisa bersama-sama tumbuh, menuju perkembangan bisnis 5.0. yang akan bertransformasi secara cepat. Mudah-mudahan JNE bisa memberikan terobosan tidak hanya melayani pengiriman, namun memberikan solusi bagi para pengusaha.”, ujar Marsudi pada JNE Goll..Aborasi Bisnis Online, Jum’at (25/3).
Dari pelaku UKM, turut hadir Sugeng Paijo selaku Direktur Teman Kreasi Cilacap dan Owner Jajanan Mamake, serta Arif Hermawan selaku Owner Workshop Ableh 47 Custom (AK47 Project) yang membagikan kiat-kiat sukses berbisnis online di era ini.
Mengawali usaha online sejak 2016, hingga saat ini Sugeng Paijo terus berupaya menghadirkan konten sosial media soft-selling dalam memasarkan stik sukun buatannya.
Ia menyatakan “Meski berjualan, konten yang diproduksi jangan berisikan jualan setiap hari. Saya tidak selalu mengunggah soal stik sukun saya, saya juga mengunggah kegunaan buah sukun, dan informasi lainnya yang menarik dan bermanfaat.”
Dengan tidak memproduksi konten hard selling, Sugeng percaya audiens akan lebih nyaman melihat konten brand sehingga pasar baru akan lebih mudah untuk digaet.
Tak hanya itu, Ia juga menekankan pentingnya differentiation. Sosok yang menggeluti sektor F&B ini melihat mainstream-nya kemasan yang digunakan oleh para penjual stik sukun di Cilacap. Dari analisanya tersebut Sugeng berinovasi untuk memproduksi kemasan full print, berbeda dari yang biasa digunakan kompetitornya.
Laman Berikutnya: 1 2
Facebook
Twitter
Instagram
Google+
YouTube
LinkedIn